Mahasiswa PBI laksanakan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa keguruan. Mata kuliah ini diambil oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Sari Mulia. Tahun ini, sebanyak 6 mahasiswa PBI mengikuti PPL yang diselenggarakan di SMPN 1 Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Serah terima mahasiswa di dampingin oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Mahasiswa wajib mengajar selama sekurang-kurangnya 12 kali. Selain itu, mahasiswa juga akan mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah, seperti piket, ekstrakurikuluer, pengelolaan perpustakaan, penanganan kesulitan belajar, dan kegiatan lain yang bersifat insidental. Misalnya, pembinaan lomba, peringatan hari kemerdekaan, maupun acara lainnya. Mahasiswa juga wajib menulis laporan PPL yang terdiri atas laporan kelompok dan individu. Laporan kelompok berupa laporan persekolahan, sedangkan laporan individu terdiri atas laporan mengajar dan kesulitan belajar.

PPL ini dilaksanakan secara tatap muka selama dua bulan. Jadwal kegiatan PPL diawali dengan pengantaran mahasiswa oleh DPL ke sekolah pada 11 Juli 2022; observasi dan pelaksanaan PPL pada 11-15 Juli; Praktik mengajar pada 15-27 Agustus 2022; Ujian Tengah Semester pada 8-12 Agustus; Ujian Akhir pada 29 Agustus – 1 September 2022; Penjemputan Mahasiswa pada 2 September 2022; Penyusunan Laporan Magang/PPL 5 – 9 2022; dan pengumpulan Laporan magang/PPL pada 12-1 September 2022.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *