Edukasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Panti Asuhan

COVID-19 adalah penyakit baru dan para peneliti masih mempelajari bagaimana cara penularannya. Dari berbagai penelitian, metode penyebaran utama penyakit ini diduga adalah melalui droplet saluran pernapasan dan kontak dekat dengan penderita. Kini masyarakat diwajibkan untuk menggunakan masker kain yang menutupi hidung dan mulut untuk mencegah penyebaran droplet serta mencuci tangan mereka sesering mungkin sebelum dan sesudah menyentuh sesuatu.

Pelaksanaan kegiatan Edukasi Pencegahan Penyebaran COVID-19 ini merupakan kegiatan dosen dalam menjalankan darma pengabdian kepada masyarakat. Selain itu  kegiatan  ini  juga  merupakan  bentuk  promosi  kesehatan  agar pengelola dan anak-anak panti asuhan putri Muhammadiyah “Aisyah” sebagai salah satu panti asuhan putri yang ada di kota Banjarmasin dapat tergerak  untuk  melakukan pencegahan  yaitu  dengan  menggunakan masker kain dan mencuci tangan dengan air dan sabun atau handsanitizer.

Setelah melaksanakan edukasi pencegahan penyebaran COVID-19 ini diharapkan pengelola dan anak-anak panti asuhan putri Muhammadiyah “Aisyah” akan tergerak untuk  melakukan  pencegahan  penyebaran penyakit ini yaitu  dengan  menggunakan masker kain ketika beraktifitas di luar dan sering mencuci tangan dengan air dan sabun atau handsanitiser sehingga mereka dapat menjaga kesehatan diri mereka dan orang lain di sekitar mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *